Pasti
banyak yang gak tau apa tu pengertian transkip nilai,,,, kali ini saya akan
memberitahu pada kalian semua apa itu transkip nilai dan cara untuk
membuatnya...
Transkrip nilai itu merupakan rangkuman semua
nilai kamu mulai dari semester 1 sampe semester terakhir... Transkrip ini
biasanya dipake waktu semester-semester akhir sebagai syarat buat skripsi dll..
Masalah kapan mahasiswa bisa mendapatkannya itu bisa kapan saja, minta print
out transkrip itu hak setiap mahasiswa kok (transkrip nilai sementara)..
Tinggal minta ke bagian administrasi kampus , trus bilang aja minta dibuatkan
transkrip nilai (biasanya untuk mahasiswa senior/ semester 4 keatas)...
Sedangkan transkrip yang resmi keluar nanti pas udah wisuda sekalian sama
ijasah..
Nah barusan diatas adalah pengertian dari
transkip nilai,,, sekarang saya akan mengajari langkah-langkah dalam membuat
transkip nilai menggunakan Ms Excell 2007,,,, dalam pembuatan transkip nilai
ini kita memerlukan funngsi2 Ms Excel seperti if, vlookup, Hlookup dan data
validtion dan juga rumus yang lain... Daripada harus repot2 minta ke bagian
administrasi kampus yang prosesnya kadang nyebelin mendingan buat sendiri aja,,
caranya sangat mudah kok gaaann... Tp klo
untuk transkip nilai yang uda sah jangan coba buat sendiri ya gan,, tar
dikirainnya penipu lagi,,, hehehe ....berikut langgkah-langkahnya gan.
Di simak ya gan ! J
Langkah
Pertama !
Bukalah
dulu ms excel 2007 lalu buatlah dulu tabel mata kuliah dan tabel SKS nya pada
sheet1 yang nantinya akan digunakan sebagai data rujukan dari tabel master
seperti gambar berikut ini !
1.
Untuk kolom A1 dan seterusnya diisi dengan nama kuliah dan untuk
kolom B1 dan seterusnya diisi dengan jumlah SKS sesuai dengan nama mata
kuliahnya.
2.
Selanjutnya blok lah range data yang sudah kita isi tadi kemudian
klik kanan lalu pilih name_range, tujuannya untuk memberi nama tabel yang telah
kita buat tadi untuk memudahkan dalam pembuatan rumus vlookup nantinya,, contoh
seperti gambar di bawah ini !
3.
Setelah itu akan muncul kotak dialog yang meminta anda utuk
memberikan nama tabel yang telah kita blok tadi, berilah nama “sks” tanpa tanda
petik lalu tekan OK.
Langkah kedua
mempersiapkan tabel mahasiswa !
Bukalah
sheet2 lalu buatlah tabel mahasiswanya seperti gambar dibawah ini !
1.
Pada cell A2 dan A3 isikan fieldnya yaitu Nama dan NPM dan untuk
Cell B,C,D dan seterusnya isikanlah data mahasiswanya sesuai dengan nama yang
anda inginkan, dan untuk cell A4 dan seterusnya isilah dengan nama2 mata
kuliahnya, fungsi yang akan kita pakai nantinya adalah fungsi hlookup,
sebaiknya agan harus memahami dulu apa itu fungsi hlookup dan bagaimana prosedur
pengisiannya.
Catatan : untuk nilai-nilai nya seperti yang ditandai dengan warna merah
diatas, isilah sesuai dengan nilai-nilai agan sendiri, tabel inilah yang
nantinya akan dijadikan tabel untuk pengisian niai dan nantinya hasilnya akan
muncul pada tabel transkip nilai yang akan dibahas selanjutnya !
2.
Selanjutnya adalah blok seluruh tabel tadi lalu klik kanan dan
pilih name_range, sama seperti cara waktu pertama kali kita memberikan nama
pada tabel sks tadi. Contohnya seperti gambar di bawah ini !
Berilah nama tabel tersebut dengan nama “nilai” tanpa tanda petik
lalu pilih OK.
Nama2 yang diberikan untuk tabel-tabel tadi tidaklah bersifat
mutlak, nama2 tadi hanya diperuntukkan untuk artikel ini,,, agan bisa
memberikan nama2 tabelnya sesuai dengan yang agan mau !
Langkah
ketiga adalah membuat tampilan transkip nilainya seperti gambar dibawah ini !
Bukalah shee3 lalu buatlah tabel transkip nilainya seperti gambar
di bawah ini !
Tabel transkip nilai inilah yang nantinya akan menjadi tabel
master didalam seluruh proses pembuatannya,,,,, dan merupakan tampilan dari
transkip nilai yang sedang kita bahas sekarang ini !
Berikut tampilanya seperti dibawah ini !
1.
Pada cell B1 ketiklah nama, dan pada Cell B2 ketiklah NPM
2.
Pada Cell C2 yaitu tempat pengisian NPM mahasiswa seperti pada
Cell warna kuning diatas diperlukan data validation (lebih
jauh mengenai data validation dapat dilihat di posting Data Validation, atau http://excel.aurino.com/?P=643)
3.
Pilih cell C2, pilih menu/Tab data
4.
Kemudian pada kelompok data tool pilih data validation, sehingga
akan muncul dialog box.
5.
Pilih list pada field allow dan contreng ignore blank
6.
Pada kotak rumus ketikkan “nim” tanpa tanda petik (jangan lupa
diawali dengan sama dengan).... Lalu piih OK...sebelumnya buatlah dulu daftar
NPM nya pada sembarang sheet lalu berikan dengan nama “nim” sesuai dengan nama
diatas...
7.
Lalu pada cell C1 masukkkan rumus = IF($C$2=0;0;HLOOKUP($C$2;nilai;2;FALSE))
Yag artinya cari data nama pada sheet2(tabel mahasiswa)
8.Pada cell C6 masukkan rumus = IF($C$2=0;0;HLOOKUP($C$2;nilai;3;FALSE))
Dan cell C7 dan seterusnya rumusnya tetaplah sama, hanya pada
angka indeksnya saja yang berbeda, angka indeks adalah jumlah urutan dalam
suatu tabel, jika pada cell C6 angka indeksnya adalah 3 maka pada cell 7 angka
indeksnya adalah 4, untuk cell C8 angka indeksnya adalah 5 dan seterusnya... angka indeks adalah yang berwarna merah pada rumus NO. 8.
9.
Selanjutnya pada cell D6 masukkan rumus
=
IF(C6=0;0;IF(C6="A";4;IF(C6="B";3;IF(C6="C";2;IF(C6="D";1;IF(C6="E";0))))))
Dikarenakan alamat
Cell tersebut bersifat relatife maka drag lah rumus tersebut sampai kebawah
sesuai dengan jumlah mata kuliah yang ada,, maksud dari rumus diatas adalah
untuk menentukan jumlah nilai berdasarkan nilai huruf yang didapat, jika
mendapatkankan nilai A maka jumlah nilainya 4, jika nilai B maka jumlah nilai
nya 3 dan seterusnya,, nilai angka inilah yang nantinya akan dikalikan (X)
dengan sks sesuai matakuliah dan hasilnyalah yang akan menjadi jumlah yang
didapt nilai per mata kuliah
10.
Lalu pada cell E6 masukkan nilai jumlah SKS nya sesuai dengan mata
kuliah.
11.
Lalu kemudian baru kita akan memsukkan jumlah total nilai
mahasiswanya pada cell F6 dengan rumus =IF(C6=0;0;D6*E6)
Artinya jumlah
nilai x jumlah sks
12.
Baru kita akan memasukkan rumus untuk mentotalkan seluruh total yang didapat dari perkalian jumlah nilai dan jumlah sks
Baru kita akan memasukkan rumus untuk mentotalkan seluruh total yang didapat dari perkalian jumlah nilai dan jumlah sks
13.
Pilih cell F46 lalu masukkan rumus =SUM(F6:F45)
13.
Untuk mengtotalkan jumlah seluruh sks yang diambil maka kita harus
membuat database sks, pada cell H6 masukkan rumus = IF(C6=0;0;VLOOKUP(B6;sks;2;FALSE))
Artinya setiap nilai huruf yang sudah
dimasukkan saja yang akan terambil sks nya, jika nilai nya masih 0 maka sks
juga tidak akan muncul.
15.
Pada cell E46 masukkan rumus = SUM(H6:H45)
16.
Untuk mengetahui berapa jumlah IPK, pada cell E47 masukkan rumus =F46/E46
Artinya total
nilai di bagi dengan total sks, maka akan didapatlah hasil IPK nya.
17.
Pada cell E48 masukkan rumus
=IF(E47>=3;"Sangat
Memuaskan";IF(E47>=2,75;"Memuaskan";"Kurang
Memuaskan"))
Rumus diatas
adalah rumus logika untuk mengetahui apa predikat sesuai dengan hasil dari
jumlah IPK yang telah terhitung.
SELESAI.......
Catatan : Untuk mengisi nilai hurufnya isilah pada tabel mahasiswa
bukan pada tabel transkip nilai, secara otomatis nilai2 yang sudah dimasukkan
tadi akan terhitung sendiri dan jumlah IPK nya juga akan muncul,, kita hanya
memasukkan nilai2 hurufnya aja pada tabel mahasiswa, secara otomatis total
nilai IPK nya akan muncul pada tabel Transkip Nilai .
Transkip Nilai yang sudah dibahas diatas hanya untuk mengetahui
berapa jumlah IPK kita yang sudah kita peroleh,, kalau untuk keperluan
perlengkapan administrasi lebih baik minta langsung aja ama bagian administrasi
kampus.......
Sekian dulu ya gan ...................................
mantap de
BalasHapusthank"s cuuyyyy
BalasHapusmakasih sangat membantu
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusboleh kita minta filenya gan? semoga membantu kami dalam belajar
BalasHapusGan boleh minta filenya gak? Coz gagal mulu nih..��
BalasHapusKe alamat email: ruskakkoight@gmail.com
Bikinin buat saya kena biaya berapa ya? Dan berapa lama? Thx
BalasHapusKirim dong gan filenya ke email asmunielektro@gmail.com
BalasHapus